Haruskah jadi orang kaya?

Sebelumnya gini gue menemukan cerita klasik tentang nelayan yang bisa menjadi kaya karena ditawarkan modal oleh investor kaya raya.

Pada hari ini seorang investor kaya bertemu dengan seorang nelayan. Dia memuji hasil tangkapan nelayan itu. 

Investor : Hasil tangkapan ikan kamu sungguh baik berapa biasanya kamu mendapat tangkapan setiap harinya?

Nelayan:  Bisa saja .. aku biasanya hanya mendapatkan 5 Kilogram ikan setiap harinya.

Investor:  Lalu apa yang kamu lakukan dengan tangkapanmu?

Nelayan: Aku menjual 4 Kilogramnya ke pasar. dan menyisakannya 1 kilogram lagi untuk dikonsumsi sendirian.

Investor: Lalu apa yang anda lakukan ketika ikan anda laku di pasaran?

Nelayan: saya besenang-senang dengan anak dan bermain gitar dengan teman teman saya sepanjang hari

Investor:Saya seorang investor kaya lulusan havard. saya melihat potensi besar anda bisa kaya dengan keahlian menangkap ikan anda. saya akan modali anda kapal dan anda akan mendapatkan tangkapan ikan yang lebih . dan mendapatkan penghasilan yang lebih besar. lalu ketika memiliki modal yang lebih cukup anda akan pindah ke los angeles dan membeli apartemen tentunya anda akan menjadi kaya dan mendapat penghidupan yang lebih layak dari sekarang.

Nelayan: Lalu apa yang akan aku lakukan ketika aku menjadi kaya raya?

Investor: Tentunya untuk menyiapkan masa pensiun anda. ketika anda tua nanti anda akan bermain gitar sepanjang hari di kampung halaman dan melihat cucu anda tumbuh besar.

Nelayan: Mengapa aku harus bersusah payah menjadi kaya raya soneta. aku sudah mendapatkan kebahagian itu tanpa harus bersusah payah menjadi orang kaya.

cerita itu gue ambil dari sebuah buku 

guru gokil murid unyu


sempat bingung kenapa gue beli buku ini ya. mungkin gue ingin terlihat pintar makanya hedon dalam beli buku.. eaa

tapi bener deh gue udah diskusiin sama bapak gue manfaat nya jadi orang kaya itu apa. coba deh lo pikirin ketika lo jadi orang kaya pasti lo harus gaji orang, kebutuhan meningkat, gaya hidup meningkat, makin individualis, belum lagi banyak semut semut yang ngisep lo.. (konotasi ke porno banget gitu?)

gue juga ngelihat hidup bergelimang harta itu bakalan ribet. banget banget. apakah yang terlihat kaya rumah banyak? mobil fortuner? duit kaya udah buang kertas ? ngejamin lo bahagia? men men nggak men #RamaMendadakBijak


mungkin gue berpatokan ke bapak gue kali ya. ya insya allah bapak gue agak diatas rata rata pendapatan perkapita bangsa indonesia lah. dia hidupnya mikirin hidup orang saudaranya, adeknya, ibunya, anaknya, istrinya, temen temennya. belum lagi sering ditipu orang, terus pegawai kantor masalahnya banyak, ga bisa ngimbangin perhatian ke anaknya. apakah itu makna kebahagiaan? buat lo yang berambisius jadi orang kaya think twice deh.  lo belum tentu bahagia. kalo mati ga bawa bawa kemana kan itu harta lo? ya mungkin buat anak lo.  gue ga mau jadi orang miskin juga. tapi gue mau jadi orang yang berkecukupan dan bisa membagi kebahagiaan dengan anak anak gue dan semua orang yang gue kenal. gue sesuci itu. ladies~ yang lagi stalk mendadak naksir nih ntar haha canda canda.

oke kesimpulannya. lakukan apa yang bisa membuat lo bahagia. kalo kaya itu merupakan kebagiaan buat lo lakukan aja. tapi mikir deh dampak orang terlalu kaya itu gimana? . seenggaknya hidup lo harus bernilai. jangan jadi ambisius . karena kebahagiaan itu harus dibagi. saat lo seneng mungkin lo harus membagi kebahagiaan itu karena banyak orang yang belum sempat merasain kebahagiaan yang udah lo rasain.

#SalamSuper #PeaceLoveandGawl
Comments
0 Comments

0 komentar:

"Press left on your keyboard for my Early post" 
"Press right on your keyboard for my late post "