BOKAP GUE AHLI FILSAFAT HUKUM!



Saat siang yang terik.. gue dan bokap gue dan om gue lagi jalan naik mobil ke daerah perkampungan lampung. Perjalanan kurang lebih memakan waktu 3 jam an sih.. dan seriously its very booorrring. And im trying to melt those vibe. Dan membuka pertanyaan seputar hukum..


Gue : Om? Advokat kan ? pernah dapet klien pake waris ISLAM?


Om gue : ya sering lah.. puluhan orang pake hukum ISLAM..


Gue: Terus pembagiannya berapa?

Om gue : tergantung anaknya lah.

Gue : yaudah misalnya ada 2 anak cowo 1 anak cewe 1 Ibu bagiannya berapa?

Om gue : Bagi rata aja .


Gue : hah di quran annisa ayat 12 anak cowo 2:1 anak cewe. Ayat 13 ibu 1/6 kalo ada anak. Kok bagi rata..

Om gue : hukum adat itu mengalahkann hukum islam



Gue:Tunggu dulu ada 3 teori om. Pake doktrin siapa dulu. Adat mengalahkan hukum islam, islam mengalahkan hukum adat, hukum islam dan hukum adat itu setara.


Om gue : tapi 2:1 itu ga adil..

Gue : TAPI ITU KETETAPAN ALLAH OM!


Om gue :  tapi itu ga adil. Kenyataannya susah di terapkan. Hukum kenyataan itu lebih baik.

Gue: lah kalo gitu itu ketetapan hukum barat dong.. kan adil kalau sama rata.

*Tiba tiba raja troll datang join bareng *

Bokap : rama kamu dengar jangan kaku kaya gitu

Gue: TAPI ITU KETETAPAN Alquran pa.

Bokap : hukum itu ga boleh kaku

Om gue : sekarang gini kalo ada dua orang di pulau terus ga ada makanan satu satunya opsi Cuma makan temen sendiri . itu bersalah ga?

Gue: nggak lah ada dasar penghapus noedtoostand keadaan darurat.

Om gue : nah itu kamu tau

Bokap : yaudah sekarang kita ambil contoh lain.. jadi gini di  suatu pulau ada sepasang monyet langka . pulau itu di tengah lautan . dan hanya ada 1 pohon kelapa di tengah pulau tersebut. Kamu terjebak di pulau itu. Gimana caranya menyelamatkan monyet dan  kamu itu tanpa membunuh sedangkan ga ada perahu di sana

Gue : . . . . .

Bokap : apa jawabannya?

Gue : ga tau lah aneh aneh aja emang apa?

Bokap : jawabannya ga usah dipikir temen bukan saudara bukan ngapain di pikirin . nah ini namanya filsafat hukum yang papa ajarin  ke kamu..


Gue : filsafat ya... *filsafat aliran mana.. bikin aliran baru kali  yeeeeeeeeeeee*

Comments
0 Comments

0 komentar:

"Press left on your keyboard for my Early post" 
"Press right on your keyboard for my late post "